Ratusan Kaki Warga China Harus Membusuk Karna Jarum Akupuntur Tak Steril

Ratusan Kaki Warga China Harus Membusuk Karna Jarum Akupuntur Tak Steril

StasiunBerita, China – Dilansir World of Buzz dari situs iFeng, 115 orang di sebuah daerah kecil di China mengidap infeksi parah usai diakupuntur. Mereka melakukan pengobatan tersebut di sebuah klinik desa yang tak disebutkan namanya.

Pelaku dan pemilik klinik bernama dr Fan. Ia mengaku sebagai dokter, padahal dirinya hanyalah seorang ‘dukun’. Fan dikabarkan telah membuka jasa perawatan akupunktur sejak tahun 2013.

Ratusan pasien Fan diketahui terinfeksi oleh bakteri yang dikenal sebagai Mycobacterium abscessus. Parasit ini diyakini mengkontaminasi jarum yang tidak dibersihkan dengan benar.

 

BACA JUGA  : Seram! Gerobak Mie Ayam Ini Tertangkap CCTV Berjalan Sendiri

 

Mycobacterium abscessus adalah bakteri yang dikenal cukup resistan terhadap berbagai jenis obat. Inilah yang mengakibatkan infeksi muncul di kulit pasien hingga menimbulkan semacam bisul.

Salah seorang suami menceritakan saat istrinya menjalani pengobatan kepada dr Fan. Ia mengungkap setiap 10 hari istrinya datang berobat untuk mengobati sakit di kakinya. Namun setelah tiga kali perawatan, sang istri mulai mengalami gatal-gatal, kemerahan, bengkak dan rasa sakit di area perawatan.

Luka itu semakin memburuk hingga membusuk. Kakinya jadi infeksi karena luka terbuka di mana-mana. Pada akhirnya tercatat lebih dari 115 orang terinfeksi bakteri akibat jarum suntik yang tidak steril. Dilaporkan 20 orang sudah kembali ke rumuah, sedangkan sisanya masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit