MotoGP 2021 Menyuguhkan Keindahan Mandalika

MOTOGP

MotoGP- Indonesia menyatakan siap menggelar ajang MotoGP pada 2021 mendatang. Pada gelaran tersebut, pelaku serta pencinta olahraga ini bakal disuguhi keindahan Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk memastikan kesiapan Mandalika, CEO Dorna Carmelo Ezpelata bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin. Dalam pertemuan terse but, juga hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corpora ti on (ITDC) Abdulbar M Mansoer. “Mr Carmelo hanya ingin men dapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisa si maupun menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Saya sampaikan kita siap,” ujar Presiden Jokowi di Istana Ke pre sidenan Bogor kemarin.

Indonesia dipastikan dapat menyelenggarakan MotoGP 2021 seusai melakukan pe nanda tanganan antara Dorna sebagai organisasi penyelenggara Mo toGP, dengan Indonesia Tourism Development Cor pora tion (ITDC) awal tahun ini. Jokowi mengaku optimistis Indonesia dapat dengan sukses menggelar MotoGP 2021 men – da tang. Optimisme ini tidaklah le pas dari penyelenggaraan suk ses Asian Games dan Asian Para Games tahun lalu. “Siap. Asian Games saja kita siap mengorganisasi kok. Kita harus optimistis, harus optimis tis,” ujarnya. Rencananya MotoGP Indone sia 2021 tersebut akan menggu nakan sirkuit jalanan (street circuit).

BACA JUGA :  Keringat Sering Keluar Saat Tidur di Malam Hari Cari Tau Alasannya

Penyelenggaraannya di Mandalika bakal memberikan warna tersendiri dalam gelaran MotoGP. Hal ini mengingat Man dalika menawarkan keindah an alam yang luar biasa. “Tadi Mr Carmelo me nyampaikan bahwa ini adalah street circuit, yang katanya sangat indah karena mepet dengan pan tai,” tuturnya. Pemerintah pun me mas ti – kan akan membantu dalam pem bangunan sirkuit tersebut. Dia pun telah menanyakan apa saja yang dibutuhkan dalam meng gelar MotoGP. Seperti diketahui, Sirkuit Man dalika merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Man da – lika. Jokowi yakin bahwa pe – nye leng ga ra an MotoGP di Man dalika juga memberikan man faat ter sen diri bagi Indonesia. Man da lika sebelumnya telah dite tap kan sebagai 1 dari 10 destinasi wisata baru Indonesia selain Bali.

“Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olah ra ga, juga pariwisata kita secara brand akan terangkat dan Man da lika akan mendapat manfaat kare – na investasi ini,” katanya. CEO Dorna Carmelo Ezpe lata mengatakan, salah satu alas – an Indonesia dapat menjadi tuan rumah MotoGP karena balap motor begitu populer di Indonesia. Apalagi menurutnya, beberapa tahun lalu Indonesia pernah menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul 1996- 1997. “Lalu kami, mempunyai kesempatan berbicara dengan ITDC untuk menggelar di tem – pat seperti Mandalika, dengan sirkuit semipermanen dan juga area yang begitu luar biasa, de – ngan pantai, hotel, dan segalanya, “ tuturnya.

BACA JUGA :  Seks di pagi hari sama enaknya dengan seks malam-malam

Dirut ITDC Abdulbar M Man soer mengatakan peme – rin tah menjanjikan pem ba – ngunan jalan akses ke sirkuit. Dia yakin hal tersebut dapat ter – wujud mengingat persiapan Asian Games pun hanya me makan waktu dua tahun. “Kemudian beliau (Pre si – den) menyampaikan untuk pelabuhan dan kemudahan lain, termasuk yang kecil-kecil ada pembebasan lahan. Nanti akan di bantu Presiden,” katanya. Dia mengatakan pem ba – ngun an akan dimulai September mendatang dan ditar get – kan se lesai akhir 2020. ITDC telah mem bangun 11 km infrastruk tur jalan. Selain itu, juga akan di bangun fasilitasfasilitas pen du kung.

“Kemudian masjid, pan tai dan lainlain. Desain se dang diho mologasi. Artinya di se suaikan de – ngan standar ke amanannya Dorna,” ujarnya. Dia mengatakan Sirkuit Man dalika berbeda dari sirkuitsirkuit lainnya. “Sirkuit ini bukan seperti Sepang. Jadi, kita hanya membangun jalan baru yang akan digunakan saat ada race. Kalau tidak ada race, itu akan seperti Nusa Dua. Menjadi jalan kawasan. Ini yang pertama di dunia,” ungkapnya. Lebih lanjut dia menga takan, sirkuit ini akan mencip takan 2.000 pekerja musiman, 5.000 pekerja tetap, serta di per – kirakan ada 220.000 penonton selama tiga hari penye lenggaraan.