Konsol PlayStastion 5 Bakal Bisa Diajak Ngobrol

Konsol PlayStastion 5 Bakal Bisa Diajak Ngobrol

StasiunBerita, Jakarta – Sony tidak pernah mau kalah. Perusahaan asal Jepang dikabarkan tengah menggarap teknologi asisten digital untuk perangkat besutannya. Bukan ponsel, melainkan konsol game PlayStation yang akan memiliki asisten digital ini. Asisten digital bernama PlayStation Assist itu disebut-sebut akan hadir untuk pertama kalinya pada PlayStation generasi kelima mendatang.

Kabar tersebut diutarakan oleh analis industri game beranama Daniel Ahmad. Melalui akun Twitternya, Daniel mengatakan PlayStation Assist akan bisa diaktifkan ketika pengguna tengah memainkan sebuah game.

Dengan PlayStation Assist, pengguna tersebut bisa bertanya apapun kepada asisten digital terkait game yang tengah dimainkan. Pengguna juga bisa menanyakan walkthrough atau bahkan letak item tersembunyi jika pemain merasa kebingungan untuk menamatkan game tersebut.

 

BACA JUGA : Bingung Perhitungan Jackpot Saat Bermain Ceme? Berikut Penjelasannya

 

Dikutip KompasTekno dari Eurogamer, Senin (30/9/2019), Daniel menyebutkan bahwa kabar ini terendus dari sebuah paten yang diajukan oleh Sony. Paten tersebut adalah berupa asisten suara yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI). Sony sendiri menggambarkan bahwa fitur tersebut adalah sebuah metode “bantuan” untuk pemain game.

“Pertanyaan bisa berupa format apa pun atau kombinasi format audio, teks, video, dll. Server ini dirancang untuk mencocokkan pertanyaan dengan respon yang dibuat berdasarkan konteks game saat pertanyaan itu disajikan,” tulis Sony dalam patennya.

Sony juga mengatakan bahwa fungsi PlayStation Assist nantinya bukan hanya akan memberikan bantuan kepada pemain terkait bagaimana menyelesaikan game saja, tetapi asisten digital ini juga bisa merespon sejumlah perintah tertentu.